Kolaborasi Alumni S2 Pendidikan Dasar UNY dalam Workshop Pengembangan Team-Based Project dan Case Method

Yogyakarta, 9 Juli 2024 – Program Studi S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bersama Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menyelenggarakan Workshop Pengembangan Team-Based Project dan Case Method sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis kolaborasi dan pemecahan masalah di dunia pendidikan. Acara ini berlangsung di Aula Lantai 3 Gedung IDB FIPP UNY dan dihadiri oleh para dosen, mahasiswa, serta alumni dari Program Studi S2 Pendidikan Dasar UNY.

Kegiatan ini menjadi momentum penting bagi alumni untuk berkontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran inovatif yang berorientasi pada keterampilan abad ke-21. Workshop menghadirkan narasumber ahli dari kedua universitas yang berbagi pengalaman dan praktik terbaik dalam implementasi metode Team-Based Project dan Case Method di berbagai jenjang pendidikan.

Fokus Workshop

1. Pemahaman Konsep dan Implementasi

Peserta mendapatkan pemahaman mendalam mengenai konsep dan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran berbasis tim (Team-Based Project) serta pendekatan berbasis studi kasus (Case Method), yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif mahasiswa.

2. Kolaborasi dan Penguatan Jaringan Alumni

Alumni S2 Pendidikan Dasar UNY berperan aktif dalam berbagi pengalaman praktis mereka dalam dunia pendidikan dan bagaimana metode ini telah diterapkan dalam lingkungan kerja mereka. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperkuat jejaring profesional dan membuka peluang sinergi antar institusi.

3. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kebutuhan

Dengan adanya diskusi intensif, diharapkan hasil workshop ini dapat menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum yang lebih adaptif terhadap tuntutan dunia kerja dan kebutuhan peserta didik.

Harapan dan Tindak Lanjut

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para peserta yang menyampaikan antusiasmenya terhadap penerapan metode Team-Based Project dan Case Method dalam proses pembelajaran. Diharapkan kolaborasi ini terus berlanjut dengan implementasi nyata di kelas dan penelitian bersama untuk memperkuat model pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual.

Dengan adanya kolaborasi antara UPI dan UNY ini, diharapkan lulusan Pendidikan Dasar dapat memiliki kompetensi yang lebih relevan dan mampu menghadapi tantangan pendidikan di era digital.