KOMPETENSI LULUSAN

KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI MAGISTER PENDIDIKAN DASAR FIPP UNY

Lulusan Program Studi Magister Pendidikan Dasar FIPP UNY disiapkan untuk memiliki kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai berikut:

  1. Pengetahuan
  • Menguasai teori pedagogi dan konsep, kebijakan, dan isu-isu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang studi pendidikan dasar dan implementasinya.
  • Menganalisis, mensintesiskan, dan menerakan berbagai pendekatan, metode, dan strategi pembelajaran untuk meningkatkan mutu dan hasil pembelajaran serta memaksimalkan potensi peserta didik
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan dasar melalui penelitian sehingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji.
  • Memiliki literasi data, teknologi, dan manusia berbasis budaya sebagai kompetensi dasar untuk bersaing pada era revolusi industri 5.
  1. Keterampilan

             Keterampilan Umum

  • Mengembangkan pemikiran logis, sistematis, kritis, kreatif, dan inovatif melalui penelitian ilmiah dalam bidang ilmu pendidikan dasar yang menerapkan nilai- nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis dan publikasi artikel ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional.
  • Melakukan validasi akademik dalam bidang pendidikan dasar untuk menyelesaikan masalah pendidikan dasar melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya secara interdisipliner dan multidisipliner.
  • Mengkomunikasikan gagasan saintifik melalui teknologi informasi dan komunikasi secara tepat dan mampu mendokumentasikan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  • Menampilkan kinerja mandiri, bermutu, terukur, memelihara jalinan kerja serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

             Keterampilan Khusus

  • Mengembangkan sistem pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler yang sesuai dengan perkembangan siswa sekolah dasar dalam bentuk model yang inovatif, original, dan teruji.
  • Mengembangkan keterampilan belajar dan berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, bermakna, dan inspiratif.
  • Mengembangkan konten dan penyajian bahan ajar berdasarkan keilmuan yang sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang mutakhir.
  • Melakukan penelitian terhadap kebijakan di bidang pendidikan dasar melalui pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
  1. ​​​​​​​Sikap
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  • Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.​​​​​​​