Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta. Mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD dengan bobot 3 SKS. Mata kuliah ini mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan riset dan praktik pembelajaran di perguruan tinggi yang memiliki program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang terakreditasi minimal B. Tujuannya agar mahasiswa memperoleh bekal sebagai calon dosen PGSD yang profesional melalui pengalaman langsung di lapangan. Matakuliah ini diampu oleh Bapak Dr. Ali Mustadi, M,Pd dan dilaksanakan dalam kurun waktu satu semester.

Riset dan praktik pembelajaran PGSD oleh Galan Goldya, S.Pd ini berjudul Pengaruh Positive Reinforecement terhadap minat belajar mata kuliah Pendidikan IPS Dasar. Dilakukan pada mahasiswa PGMI UIN Sunan Kalijaga kelas 2B yang berjumlah 45 Mahasiswa dengan mata kuliah Pendidikan IPS di SD. Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD dilaksanakan sebanyak 9 kali praktik yang terdiri dari 6 kali praktik terbimbing, 2 kali praktik mandiri dan 1 kali ujian. Dosen pengampu mata kuliah Pendidikan IPS adalah Ibu Dr. Anafiah, M.Pd. Mata kuliah riset dan praktik pembelajaran ini merupakan mata kuliah yang memberikan banyak manfaat, diantaranya memberi kesempatan kepada mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta untuk berlatih mengajar dan menerapkan berbagai strategi mengajar kepada mahasiswa S1 PGSD yang notabennya merupakan calon-calon guru sekolah dasar.

kegiatan praktik pembelajaran dilakukan selain untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta , juga berguna untuk meneliti dan menerapkan solusi-solusi dari permasalahan yang akan diselesaikan. Manfaatnya selain dapat menambah pengalaman dan ilmu baru juga dapat membantu mahasiswa di tempat melakukan riset untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran. Diharapkan nantinya pengalaman dan ilmu baru yang telah didapatkan dapat dijadikan bekal dan diterapkan pada saat mengajar nantinya.

.

Galan Goldya, S.Pd. / 17712251017

Program Pascasarjana

Pendidikas Dasar

Universitas Negeri Yogyakarta

2018