RISET DAN PRAKTEK PEMBELAJARAN PGSD DI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

PELAKSANAAN RISET DAN PRAKTIK PEMBELAJARAN

DI UNIVERSITAS PGRI YOGYAKARTA

 

Riset dan praktik pembelajaran PGSD merupakan mata kuliah mahasiswa pendidikan dasar pasca sarjana UNY. Mata Kuliah ini dilaksanakan selama satu semester pada semester 3. pada perkuliahan ini, kami diwajibkan mencari universitas yang akan menjadi tempat pelaksanaan riset dan praktik pembelajaran.

Saya bersama 18 orang mahasiswa lainnya melaksanakan riset dan praktik pembelajaran di Universitas PGRI Yogyakarta sebelumnya kami sudah memenuhi semua prosedural dari Universitas PGRI Yogyakarta sehingga kami diizinkan untuk melaksanakan  riset dan praktik pembelajaran di Universitas PGRI Yogyakarta

Setelah penerjunan dilaksanakan pada tanggal 11 oktober 2016, mahasiswa bersama dosen pamong membahas ketentuan-ketentuan yang akan dilaksanakan selama riset dan praktik pembelajaran. Saya melaksanakan 2 kali observasi, observasi dilakukan agar saya tau bagaimana kondisi kelas dan juga mahasiswa yang akan saya ajar sebelum memulai praktik saya. Didalam pelaksanaan, saya mengajar  5 kali pertemuan dengan setiap pertemuan 3 SKS.  Selama saya mengajar 5 kali pertemuan, saya memahami bagaimana karakteristik belajar mahasiswa baik itu didalam kelebihan dan kekurangan. Melalui itu, saya belajar bagaimana solusi-solusi yang tepat didalam pengajaran.

Saya senang melaksanakan riset dan praktik pembelajaran karena banyak hal yang menjadi pengalaman baru bagi saya dan juga berharga. Semoga dengan mata kuliah riset dan praktik pembelajaran dapat menambah ilmu sebagai bekal menjadi pendidik yang berkualitas.