Review Kurikulum PSD FIPP UNY Bersama Dikpora

(19/10) Departemen Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta menggelar acara Workshop Review Kurikulum PSD bersama Dikpora se-DIY dan sampel sekolah-sekolah dasar se-DIY. Acara yang dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Oktober 2023 di Ruang Sidang Gedung Moh Amien lantai 3 ini dihadiri langsung oleh Kadin Dikpora Kabupaten Bantul, Bp Drs. Isdarmoko, M.Pd., M.M.Par dan empat orang perwakilan masing-masing dari Dikpora Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Kulon Progo, dan Kabupaten Gunung Kidul sebagai reviewer kurikulum. Turut diundang sebagai reviewer pula kepala sekolah dan guru dari SDN Gedongkiwo, SDN Golo, SDN Sindurejan, SDN Bumijo, SDN Tukangan, SDN Margoyasan, SDN Kraton, SDN Tamansari 1, SDN Kotagede 1, SDN Kotagede 5, SDN Suryodiningratan 2, SDN Suryodiningratan 3, SDN Demangan, SDN Ambarrukmo 1, SDN Vidya Qasana, SDN Percobaan 2, SDN 1 Sinduadi, SDN 2 Sinduadi, SDN Sendangadi 1, SDN Cebongan, SDN 2 Sinduadi Timur, SDN Deresan, SDN Demakijo, SDN Nogotirto, SDN Ngoto, SDN Karangjati, SDN Sonosewu, SDN Sedayu, SDN Kadipiro 1, SDN Tlogoadi, SDN Tirtoadi, SDN Blunyahan 2, SDN Panggang, SDN Trirenggo 1, SDN Kasongan, dan SDN Guwo. Sekolah-sekolah tersebut selain dipakai untuk Praktik Kependidikan mahasiswa S1, beberapa sekolah juga dilibatkan untuk melaksanakan Riset dan Praktik Kependidikan mahasiswa S2 dan S3 Pendidikan Dasar FIPP UNY.

Kepala Departemen PSD, Dr. Anwar Senen, M.Pd. dalam sambutannya menghaturkan terima kasih atas kesediaan para tamu undangan hadir di UNY dan berharap acara tersebut dapat memberi kebermanfaatan bagi kedua belah pihak, yakni prodi PGSD selaku penyedia calon guru SD dan Dikpora serta sekolah-sekolah mitra selaku pengguna lulusan dari prodi PGSD. Dekan FIPP UNY, Prof. Dr. Agus Nurtanio P., M.Pd. yang memberikan sambutan sekaligus membuka acara merasa bangga terhadap Departemen PSD yang merangkul para pengguna lulusan untuk turut serta memperbaiki kurikulum agar terjadi kesesuaian antara capaian lulusan dengan kebutuhan lapangan. Kegiatan workshop yang diketuai oleh  dosen PGSD, Irfan Wahyu Prananto, M.Pd. ini dimulai dengan review kurikulum PGSD S1, S2, dan S3. Kurikulum PGSD S1 disampaikan oleh Sekretaris Departemen PSD, Dr. Agung Hastomo, M.Pd., kurikulum S2 dipaparkan oleh Koorprodi Pendidikan Dasar S2, Dr. Sekar Purbarini Kawuryan, S.I.P., M.Pd., dan kurikulum S3 dijabarkan oleh Koorprodi Pendidikan Dasar S3, Prof. Dr. Wuri Wuryandani, M.Pd. Selain mendeskripsikan mata kuliah berikut capaiannya secara rinci, ketiganya juga menghimbau guru-guru SD untuk melanjutkan studinya di Pendidikan Dasae S2 dan S3 jalur praktisi akademik. Respon reviewer positif, kritik dan sarannya membangun, seperti meminta tambahan SKS untuk mata kuliah Bahasa Jawa SD, Pendidikan Inklusif, manajemen kelas yang baik, serta mata kuliah khusus budi pekerti untuk mahasiswa PGSD.

Kegiatan workshop juga diselingi dengan evaluasi pelaksanaan Praktik Kependidikan mahasiswa PGSD tahun 2023 di 36 sekolah mitra yang dipandu langsung oleh Koordinator PK PGSD, Kurniawati, M.Pd. Para guru dan kepala sekolah merasa senang atas kehadiran mahasiswa PGSD selama 3 bulan di sekolah karena menjadi semangat baru bagi pendidik maupun peserta didik di sekolah setempat. Mereka berharap kerja sama PK berlangsung hingga tahun-tahun berikutnya. Hal yang perlu diperbaiki berkenaan dengan tata kelola kelas yang sebenarnya dapat diajarkan sembari para mahasiswa terjun langsung di kelas, terutama kelas rendah. Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Implementation of Agreement Kerja Sama PGSD UNY dengan kelima Dikpora yang mulai berlaku pada Januari 2024.