PRAKTEK PEMBELAJARAN DI SD Lokasi SD Negeri Percobaan 2 Sleman

Percobaan Listrik Siswa Kelas IVA SD Negeri Percobaan 2 Sleman Yogyakarta

.

PRAKTEK PEMBELAJARAN DI SD

Lokasi SD Negeri Percobaan 2 Sleman

Suci Setyo Ningsih / 17712251073

 Pendidikan Dasar (Praktisi) Pascasarjana

Universitas Negeri Yogyakarta

 

Program Studi S2 Pendidikan Dasar (Dikdas), Program Pascasarjana (PPs), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki peran salah satunya yaitu untuk menghasilkan guru kelas Sekolah Dasar (SD) yang kompeten dan professional, dimana salah satunya yaitu mengharuskan mahasiswa melaksanakan kegiatan praktek.

Kegiatan praktek ini dilaksanakan melalui mata kuliah Praktek Pembelajaran di SD pada semester 2 guna menyiapkan guru SD profesional melalui pengalaman langsung sesuai kondisi nyata di lapangan. Diharapkan dapat (1) membekali mahasiswa berupa pengalaman riil mengobservasi, mengidentifikasi, dan menganalisis Learners’ Diversity siswa dan permasalahan sebagai dasar dalam merencanakan, melaksanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi/penilaian, (2) membekali mahasiswa berupa pengalaman riil mengobservasi dan telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, media dan model/metode pembelajaran, bahan ajar, serta sistem asesmen/penilaian, (3) membekali mahasiswa berupa pengalaman riil mengobservasi dan menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran, (4) memantapkan kompetensi profesional berupa kemampuan akademik kependidikan dan kaitannya dengan kompetensi akademik keahlian melalui workshop penyusunan perangkat pembelajaran meliputi pemetaan KI-KD-Tema&Sub-tema atau kompetensi, Indikator; Silabus, RPP/SSP; media pembelajaran; bahan ajar; dan instrument penilaian yang berorientasi pada High Order Thinking (HOT), (5) memantapkan kompetensi pedagogis secara langsung dengan melaksanakan proses pembelajaran yang meliputi merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran secara terbimbing dan mandiri dengan bimbingan guru pamong, dan (6) memantapkan kompetensi sosial dan kepribadian dengan membangun komunikasi dan interaksi yang baik di lingkungan institusi tempat praktek.

Praktek pembelajaran merupakan mata kuliah Praktek Pembelajaran di SD dengan bobot 2 SKS. Praktek dilaksanakan secara terstruktur di SD Negeri Percobaan 2 atas bimbingan dosen matakuliah Dr. Ali Mustadi, M. Pd dan guru pamong Indah Mardatilla, M. Pd. Praktek di SD dilaksanakan sejak diterjunkan pada tanggal 6 Februari 2018 didampingi Dr. Ali Mustadi, M. Pd selaku dosen mata kuliah dan sekretaris prodi. Praktek pembelajaran menggunakan Lesson Study, dimana tim praktikan yang berjumlah 6 orang menyusun perangkat pembelajaran secara bersama-sama (Plan), kemudian pada saat proses pembelajaran (Do), anggota tim mengobservasi bagaimana siswa belajar, kemudian hasil observasi direfleksi secara bersama-sama (See) sebagai bahan perbaikan pada pertemuan berikutnya

Manfaat kegiatan Praktek Pembelajaran di SD melatih kepekaan terhadap current issues, kebutuhan, dan permasalahan riil yang terjadi di SD Negeri Percobaan 2 terutama dalam kaitannya menemukan atau memperkuat topik tesis. Mendapatkan pengalaman nyata tentang ke-SD-an dan pembelajaranya sehingga memiliki kompetensi professional, pedagogis, sosial, dan kepribadian yang baik. Sehingga mahasiswa dapat melakukan refleksi atas kompetensinya dari hasil praktik pembelajaran untuk digunakan sebagai dasar mengembangkan kompetensi diri dan melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

            Inovasi yang dilakukan pada Praktek Pembelajaran di SD atas bimbingan dosen matakuliah Dr. Ali Mustadi, M. Pd dan guru pamong Indah Mardatilla, M. Pd. di kelas IVA dengan siswa putra 18 anak, putri 18 anak adalah pembelajaran tematik dengan model kooperatif tipe examples non examples untuk meningkatkan karakter bersahabat. Meningkatnya karakter tersebut ditunjukkan dengan : Siswa telah memberikan  pendapat mereka dalam pembelajaran kelompok ketika menyampaikan tentang berbagai macam bentuk energi berdasarkan cara terbentuknya. Siswa telah memberikan dan mendengarkan pendapat dalam diskusi kelas ketika membahas kewajiban dan hak terhadap energi, perubahan  bentuk energi. Para siswa telah berani berbicara kepada guru untuk bertanya tentang berbagai contoh energi alternatif.