Penjelasan SKS dan Pendampingan Pengisian KRS untuk Guru SD Muhammadiyah Sapen dalam Program S2 Pendidikan Dasar UNY

Yogyakarta, 4 Februari 2025 - Sebagai lanjutan dari kerja sama antara SD Muhammadiyah Sapen dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam program studi Magister (S2) Pendidikan Dasar, para guru yang akan menempuh pendidikan S2 kini telah memasuki tahap baru dalam perjalanan akademik mereka. Para guru mengikuti kegiatan pejelasan SKS yang akan ditempuh serta pendampingan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) yang dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting.

Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Sekar Purbarini Kawuryan, M. Pd, selaku koordinator program studi S2 Pendidikan Dasar FIPP UNY. Melalui kegiatan ini para guru diberikan penjelasan mendetail mengenai pengisian KRS. KRS merupakan daftar mata kuliah yang diambil oleh Mahasiswa dalam Semester berjalan dengan jumlah SKS sesuai ketentuan. Pendampingan ini sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh guru memahami alur perkuliahan dan memilih mata kuliah yang tepat guna mendukung kelancaran studi mereka.

Selain itu, Bu Sekar juga memberikan penjelasan terkait Sistem Kredit Semester (SKS), yang menjadi acuan dalam menentukan beban studi setiap mahasiswa. Ia menjelaskan bahwa dalam program S2 Pendidikan Dasar, setiap mata kuliah memiliki bobot SKS yang akan berpengaruh pada jumlah total SKS yang harus diselesaikan untuk meraih gelar Magister. Dengan adanya SKS ini, para guru diharapkan dapat mengatur waktu belajar mereka secara lebih efektif, terutama bagi mereka yang juga tetap menjalankan tugas sebagai pengajar di SD Muhammadiyah Sapen.

Kegiatan pendampingan ini mendapat respon positif dari para guru SD Muhammadiyah Sapen, yang merasa terbantu dengan penjelasan yang diberikan. Beberapa guru juga mengungkapkan rasa terima kasih atas kemudahan yang diberikan oleh pihak UNY, yang memungkinkan mereka melanjutkan studi dengan fleksibilitas tinggi melalui sistem RPL.

Ke depan, para guru SD Muhammadiyah Sapen diharapkan dapat melanjutkan studi mereka dengan lebih percaya diri, serta mampu mengimplementasikan ilmu yang didapatkan dalam perbaikan proses belajar mengajar di sekolah mereka. Diharapkan pula, dengan adanya pendampingan yang berkelanjutan, program S2 ini akan berjalan lancar dan memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan di SD Muhammadiyah Sapen.