Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Kelas A7 Universitas PGRI Yogyakarta (UPY)

          Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh  oleh mahasiswa Pascasarjana prodi Pendidikan Dasar S2. Di dalam mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk melakukan praktik pembelajaran di PGSD pada jenjang S1. Kegiatan praktik ini menjadi ajang dan sarana bagi mahasiswa S2 untuk berlatih dalam menerapkan kemampuannya yang dipelajari selama perkuliahan dalam jenjang pascasarjana. Kemampuan tersebut harus dikembangkan agar mahasiswa pascasarjana memiliki kemampuan yang baik ketika terjun langsung ke dunia pendidikan yang akan ditempuhnya. Dalam melakukan praktik ini, mahasiswa juga melakukan riset yang dilakukan selama pembelajaran di kelas berlangsung. Riset dan praktik pembelajaran ini dilaksanakan di UPY UNIT 2 yang terletak di Jl. PGRI II, Ngestiharjo, Bantul, Yogyakarta. Mahasiswa praktikan mengampu kelas A7 PGSD dengan mata kuliah Matematika II SD. Mata kuliah tersebut diampu oleh ibu Rina Dyah Rahmawati, S.Si, M.Pd dan sekaligus sebagai dosen pamong. Kelas A7 memiliki mahasiswa yang berjumlah 29 mahasiswa yang terdiri dari 18 mahasiswa perempuan dan 11 mahasiswa laki-laki. Sebelum kegiatan riset dan praktik pembelajaran ini dilakukan, praktikan melakukan observasi di kelas. Hal ini dilakukan agar mahasiswa praktikan mengetahui karakteristik mahasiswa di kelas, situasi pembelajaran di kelas, serta dapat memahami permasalahan yang terjadi selama proses pembelajaran di kelas.

          Berdasarkan dari hasil observasi yang telah dilakukan, penulis menemukan sebuah masalah yaitu pemahaman pada konsep pembelajaran pada mahasiswa masih kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis mengadakan riset tentang penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa kelas A7 PGSD UPY.  Riset dan praktik ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2018. Kegiatan riset dan praktik dapat terlaksana dengan lancar dan cukup baik, dosen pamong dan observer memberi banyak kritikan dan masukan dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil risetpun menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman pada konsep pembelajaran mahasiswa di kelas A7 PGSD UPY. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran mahasiswa kelas A7 PGSD UPY.

          Materi yang disajikan dalam perkuliahan ini sangat beragam salah satunya adalah pengoperasian bilangan bulat. Penerapan model pembelajaran Make A Match ini dilaksanakan dengan sangat lancar dan mahasiswa dapat melakukan dengan baik. Setelah model tersebut diterapkan proses pembelajaran menjadi terasa lebih hidup dan menyenangkan. Mahasiswa menjadi aktif bertanya, saling menghargai antar teman, dan pemahaman konsep pembelajaran merekapun sudah mulai bagus. Selain itu mahasiswa juga menjadi aktif ketika dosen menjelaskan dan ketika presentasi didepan kelas mereka aktif melakukan tanya jawab.

 

                                                                             

Ana Juliani, S.Pd

Mahasiswa Magister Pendidikan Dasar D 2017, UNY