Outing Class Mahasiswa S2 Pendidikan Dasar bersama Prof Ruyu dari Ncyu Bertemakan Ecopedagogy

Program studi Pendidikan dasar Fakultas Ilmu Pendidikan & Psikologi  mengadakan acara visiting professor yaitu Prof. Ruyu Hung, Ph.D dari The National Chiayi University Taiwan. Kegiatan ini mendapatkan sambutan sekaligus antusias  mahasiswa S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta dengan sangat baik. Acara ini dilaksanakan dihari ketiga kedatangan Prof. Ruyu yaitu 16 Mei 2023. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan mahasiswa kelas A semester 2 melalui kegiatan perkuliahan yang didampingi  Ibu Unik Ambarwati, S.Pd., M.Pd.,Ph.D. sebagai salah satu dosen pengampu mata kuliah yang ada dikelas tersebut. Materi perkuliahan yang diisi oleh Prof Ruyu  yaitu mengenai Pendidikan ecopedagogy yang meliputi 4 pembahasan yaitu toward ecopedagogy: an education embracing ecophilia, teaching role how to the professional teacher is a very urgent, global,but also a special kind of research topics with Chinese cultural characteristics today indeed, ecopedagogy an education, dan from place-based education to critical place pedagogy.

Hari Ke-4 acara Visiting Professor di tanggal 17 Mei 2023 dengan agenda acara di SDIT LHI Banguntapan, Situs Kotagede, dan Coklat Monggo Tirtodipuran. Acara di awali dengan mengunjungi SDIT LHI Banguntapantan. Pertemuan antara pihak visiting profesor Universitas Negeri Yogyakarta dan pihak SDIT LHI sangatlah disambut sangat hangat. Mahasiswa S2  di Kelas A, Prof Ruhu, serta Ibu Unik Ambarwati mengunjungi SDIT LHI sangat terkesan karena merupakan SD yang berbasis agama serta memiliki pembelajaran Ecopedagogy di sekolah tersebut. Selama kurang lebih 3 jam guru-guru SDIT LHI berbincang dengan Prof Ruyu serta mahasiswa mengenai kegiatan di sekolah tersebut. Prof Ruyu yang sangat memiliki ketertarikan di SDIT LHI membuat perbincangan di forum tersebut sangat menarik. Mahasiswa serta Prof Ruyu diperlihatkan mengenai pembelajaran di SDIT LHI. Pembelajaran sudah berbasis teknologi serta mempresentasikan penilaian teman sebaya di dalam pembelajaran kelas. Tidak lupa dengan suguhan yang diberikan oleh SDIT LHI tidak kalah menarik dengan  berbagai suguhan menu tradisional khas Kotagede salah satu makanan tersebut adalah "kepo".

Kegiatan Luar Selanjutnya yaitu di hari ke-7 di Hutan Mangrove Baros dan Bumi Langit Yogyakarta. Kunjungan di tanggal 20 Mei ini diawali dengan Hutan Mangrove Baros dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dari Universitas Negeri Yogyakarta. Hutan Mangrove Baros merupakan perwujudan dari kebermanfaatan Mangrove khususnya di daerah pesisir. Mahasiswa, Prof Ruyu serta dosen dijelaskan mengenai Hutan Mangrove Baros oleh penjaga tempat tersebut. Cuaca terik tak menghalangi perjalanan acara outing class profesor Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengeksplorasi Hutan Mangrove Baros. Mahasiswa dan Profesor Ruyu sangat menikmati Outing Class yang diadakan Program Studi Pendidikan Dasar. Acara yang memiliki pengalaman serta Pengetahuan baru dan berharga bagi mahasiswa S2 Pendidikan Dasar kelas A. (zah)