Menghilangkan Individualisme Siswa Kelas Tinggi Melalui Pembelajaran Kolaboratif

Praktik Pembelajaran di SD Piyungan Bantul

Praktik pembelajaran di SD Piyungan memberi pengalaman yang berharga kepada Saya. Pada minggu pertama saya mengajar di kelas tinggi yaitu kelas 4, yang rata-rata memiliki siswa yang individual. Saya mencoba untuk mengurangi individualisme mereka dengan memberikan pembelajaran secara berkelompok dengan model collaborative learning. Pada akhir pembelajaran terlihat indivualisme siswa mulai berkurang setelah dilaksanakannya pembelajaran kolaboratif selama dua minggu. Pembelajaran kolaboratif merupakan suatu pembelajaran yang sangat membutuhkan kerja kelompok sehingga dapat menghilangkan rasa individualisme pada anak yang hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memperdulikan kepentingan orang lain.

Sehingga disini mau tidak mau anak harus belajar bekerja sama. Selain itu, dengan pembelajaran kolaboratif dapat membantu anak dalam mengasah rasa tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan kelompok dalam menangani tugas yang diberikan oleh guru. Melalui belajar kolaboratif anak dapat mengetahui target dan prosedur dalam pembelajaran yang sedang berlangsung. Hal ini meliputi aturan berperilaku, kapan dan dimana harus mencari bantuan serta standar dalam kegiatan pembelajaran. Dengan belajar kolaboratif anak yang mempunyai kemampuan kurang dapat belajar dengan anak yang mempunyai kemampuan lebih yang mungkin dapat mempermudah mereka menerima penjelasan dari temannya daripada melalui gurunya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Dengan belajar kolaboratif anak dapat belajar cara berbagi dengan orang lain, mendengarkan orang lain, dan menyelesaikan masalah. Saya melatihnya dengan cara meminta anak mendengarkan dengan seksama, mendorong semua anak untuk berpartisipasi, berbagi dengan orang yang membutuhkan dan sebagainya. Hal ini dapat dimulai dengan pemberian tugas yang saderhana sehingga saya sebagai guru lebih menekankan kemampuan anak dalam bekerja sama. Secara tidak langsung anak dapat mendapatkan manfaat dari bekerja sama, salah satunya adalah munculnya sikap saling membantu. Bekerja sama tanpa saling membantu adalah tidak mungkin, karena tanpa saling membantu hal itu tidak dapat berlangsung. Kelompok kolaboratif harus bersama-sama menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Karena tugas yang diberikan oleh guru merupakan suatu tanggung jawab bagi kelompok tersebut, sehingga kelompok tersebut harus mengemban tugas dengan baik.