Kegiatan Praktik Pembelajaran di SD

Memasuki semester genap Tahun Akademik 2018/2019, sebanyak 24 mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pendidikan Dasar Kelas Kerja Sama Sleman melakukan kegiatan praktik pembelajaran. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari mata kuliah Praktik Pembelajaran di SD dengan dosen pembimbing Dr. Ali Mustadi, M.Pd.
Dalam melaksanakan kegiatan tersebut, 24 mahasiswa terbagi menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok melakukan praktik di 8 sekolah, yaitu SD Negeri Berbah 1, SD Negeri Kowangbinangun, SD Negeri Puren, SD Negeri Mejing 2, SD Negeri Dalangan 1, SD Negeri Jamblangan, SD Negeri Kadisobo 2, dan SD Negeri Semarangan 4 Godean. Praktik pembelajaran dilaksanakan secara terbimbing, mandiri, dan ujian. Adapun untuk mengawali kegiatan praktik, dilaksanakan terlebih dahulu kegiatan penerjunan atau penyerahan mahasiswa dosen pembimbing kepada kepala sekolah dan guru pamong tempat praktik.
Praktik pembelajaran ini memiliki manfaat antara lain: (1) Melatih kepekaan terhadap current issues, kebutuhan, dan permasalahan riil yang terjadi di SD, terutama dalam kaitanya menemukan atau memperkuat topik tesis; (2) Mendapatkan  pengalaman  nyata  tentang  ke-SD-an  dan  pembelajaranya  sehingga memiliki kompetensi professional, pedagogis, sosial, dan kepribadian yang baik; serta (3) Mahasiswa dapat melakukan refleksi atas kompetensinya dari hasil praktik pembelajaran untuk digunakan sebagai dasar mengembangkan kompetensi diri dan melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

"Jadilah pendidik yang berkompeten dan berkarakter serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi."pesan Dr.Ali Mustadi, M.Pd pada acara penerjunan mahasiswa.

 

Selamat melaksanakan praktik pembelajaran!