Guest Lecture “Ideology In Children’s Literature” bersama Prof. Laura Apol, Ph.D dari Michigan State University, USA

.

Rabu (13/11). Dilaksanakan Guest Lecture dengan tema “Ideology In Children’s Literature, Re-Reading The Giving Tree” yang disampaikan langsung oleh Prof. Laura Apol dari Michigan State University, Amerika didampingi oleh Miss Isabella sebagai translator sekaligus penyelaras budaya, bertempat di Ruang Pertemuan Gedung Sugeng Mardiyono Pascasarjana UNY. Pada kegiatan Guest Lecture kali ini, ibu Wakil Direktur Pascasarjana, Dr. Dra Widyastuti Purbani, M.A selaku moderator yang memandu kegiatan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa program studi S2 dan S3 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Yogyakarta serta mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta.

Prof. Laura Apol menyampaikan tentang ideologi dalam memaknai sebuah karya sastra dari berbagai macam sudut pandang secara kritis, bahwa tidak ada karya sastra yang netral, semua karya sastra berakar dari ideologi dan nilai moral. Oleh karena itu, beliau juga menekankan pada pentingnya sastra anak sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai dan pesan moral kepada anak sejak dini. Membaca kritis pada karya sastra merupakan sarana untuk memberdayakan karya sastra itu sendiri, meningkatkan kesenangan dalam membaca, membaca kritis terdapat timbal balik antara penulis, pembaca dan teks dan kemampuan membaca secara kritis bukan hanya mengerti seperti eksplisit apa yang terdapat dalam cerita atau karya sastra namun juga mengerti ideologi ideologi yang terkandung dalam karya sastra tersebut

Kegiatan Guest Lecture berjalan dengan sangat komunikatif karena peserta diajak untuk berdiskusi dan saling bertukar pendapat tentang berbagai sudut pandang dari buku “The Giving Tree”.

Setelah penyampaian materi oleh Prof. Laura Apol, dilanjutkan dengan sesi pertanyaan oleh mahasiswa. Guest lecture kali ini diharapkan dapat membuka wawasan kepada calon pendidik tentang pentingnya sastra anak sebagai sarana untuk mengajarkan nilai-nilai dan pesan moral kepada anak  dan cara membaca sebuah karya sastra yang baik yakni secara kritis agar berbagai macam sudut pandang dalam cerita tersebut dapat benar-benar tersampaikan. Setelah kegiatan ini dilaksanakan ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan kepada Prof. Laura Apol dan foto bersama seluruh peserta.