DESIGN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN

DESIGN PEMBELAJARAN YANG MENYENANGKAN MENGGUNAKAN JIGSAW

 

Riset yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Pada awal pembelajaran yang saya lakukan belum tampak tanda-tanda mahasiswa aktif dalam pembelajaran. Sebab selama pembelajaran yang berlangsung dilakukan oleh dosen belum menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif. Mahasiswa pun terlihat enggan dan jenuh dan bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran yang dilkaukan oleh dosen, terutama kelas yang saya ampu ketika magang di UMS yaitu kelas 6F. dalam pembelajaran dosen belum menerapkan model-model pembelajaran yang inovatif, sehingga pemahaman tentang model pun menjadi kurang. Ketika saya memasuki kelas tersebut, saya menemukan beberapa kondisi yang berbeda yang saya tidak jumpai ketika saya melakukan kuliah. Ruang kuliah masih klasikal. Terlihat beberapa diantara mereka yang masih asik dengan aktivitas mereka tanpa memperhatikan dosen.

Ketika saya berkesempatan untuk mengajar kelas tersebut, saya mencoba menerapkan hal baru yang belum pernah diterapkan oleh dosen sebelumnya. Pertama saya mengubah tempat duduk yang awalnya klasikal menjadi berpola, hal tersebut saya lakukan supaya mahasiswa lebih santai dalam mengikuti pembelajaran yang saya lakukan. Karena pemahaman materi mereka masih kurang saya juga berinovasi dengan menerapkan model jigsaw dimana melalui model tersebut, mahasiswa akan bisa belajar dari mahasiswa lain. Karena berdasarkan observasi mahasiswa akan lebih paham terhadap materi apabila dia mendapatkan dari teman sejawatnya sendiri. Dengan model jigsaw tersebut rupanya membawa dampak yang baik bagi mahasiswa, mahasiswa merasa senang dengan model pembelajaran tersebut dan mereka lebih memahami materi serta memiliki rasa tanggungjawab yang lebih dari biasanya.

USWATUN KHASANAH

DIKDAS D 16712251089