You are here
7.1 Penelitian Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan PS dalam Lima Tahun Terakhir
Primary tabs
7.1.1 Agenda dan judul penelitian dosen tetap dan judul disertasi.
7.1.1.1 Agenda dan judul penelitian dosen tetap
No. |
Nama Dosen |
Agenda Penelitian |
Judul Penelitian |
Keterlibatan Dengan Jaringan Penelitian* |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
1. . |
Dr. Ali Mustadi, M. Pd. |
Analisis Evaluasi |
Eksplorasi Faktor-Faktor Efikasi Diri Guru: Studi Komparasi Guru SD Malaysia dan Indonesia |
Penelitian Kerjasama Internasional, Pendidikan Dasar UNY-UPSI |
Model pembelajaran |
Pengembangan Model Intervensi terhadap Gangguan Kesulitan Belajar Siswa SD Menggunakan Pendekatan Disposisi Personal |
Penelitian Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi (PEKERTI) UNY-UAD |
||
Media Pembelajaran |
Pengembangan Media Reflective-Picture Storybook Berbasis Nilai-Nilai Karakter untuk Meningkatkan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar |
Hibah Tim Pascasarjana, Dikti 2017 |
||
Kurikulum 2013 |
Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 di SD Se-Daerah Istimewa Yogyakarta |
Hibah Penelitian Prodi DIPA PPs UNY 2016 |
||
Inovasi Pembelajaran |
Pengembangan SSP Berbasis Collaborative Learning dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Kelas IV SDN Bantul Timur Kabupaten Bantul |
Hibah Penelitian FIP UNY 2016
|
||
Analisis Evaluasi |
Migrasi Pelajar dan Mahasiswa Pendatang di Kota Pendidikan |
Hibah Penelitian Pusdi DIPA BLU UNY 2015 |
||
Pendidikan Karakter |
Pemberian Tugas Rumah dan Aktivitas Belajar Siswa SD Se-Kota Yogyakarta |
Hibah Penelitian Prodi DIPA PPs UNY 2015 |
||
Manajemen dan pengelolaan sekolah |
Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul |
Hibah Penelitian Evaluasi DIPA FIP UNY 2015 |
||
Inovasi Pembelajaran |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Sekolah Dasar |
Hibah Penelitian Prodi Dikdas PPs UNY |
||
Model Pebelajaran |
Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Scientific-Approach dan Authentic Assessment dalam Pembelajaran Tematik-Integratif di Sekolah Dasar Negeri Giwangan (SD Labschool UNY) |
Hibah Penelitian Prodi Dikdas PPs UNY |
||
Media Pembelajaran |
Pengembangan Scrabble Ceria Berbasis Multimedia Digital Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas IV SD Labschool UNY |
Hibah Penelitian Terapan FIP UNY 2014
|
||
Kurikulum 2013 |
Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakarta |
Hibah Penelitian Prodi PPs UNY |
||
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Sociocultural Based Narrative pada Kompetensi Writing Mata Kuliah Bahasa Inggris |
Hibah Penelitian Unggulan DIPA UNY |
||
Manajemen dan pengelolaan sekolah |
Evaluasi Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta |
Hibah Penelitian Institusional FIP SK Dekan: No.89 Th 2013 |
||
Analsis Evaluasi |
Implementasi Learning Cycles Model‘Three Muranoi’s Interaction Enhancements’ pada Kompetensi English for Bilingual Instruction pada mata kuliah bahasa Inggris di PGSD |
Hibah Penelitian Mandiri FIP SK Dekan: No. 89 Tahun 2013 |
||
2. |
Dr. Muhammad Nur Wangid, M. Si. |
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Intervensi terhadap Gangguan Kesulitan Belajar Siswa SD Menggunakan Pendekatan Disposisi Personal |
Dikti |
Media Pembelajaran |
Pengembangan Buku Dongeng Sainmatika untuk Meningkatkan Karakter dan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar |
Dikti |
||
Sistem evaluasi pendidikan |
Teacher’s Self Efficacy: Indonesian and Malaysian Comparation |
PPs UNY |
||
Kurikulum 2013 |
Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 di SD Se-Daerah Istimewa Yogyakarta |
PPs UNY |
||
Inovasi Pembelajaran |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas IV SD |
Dikti |
||
Pendidikan karakter |
Pemberian Pekerjaan Rumah dan Aktivitas Belajar Siswa SD Se-Kota Yogyakarta |
PPs UNY |
||
Analisis Evaluasi |
Analisis Data Anak Usia Sekolah yang Tidak Sekolah di Kabupaten Temanggung |
Bapeda Temanggung |
||
Pendidikan Karakter |
Pengembangan SSP Tematik SD untuk Menanamkan Karakter Siswa Kelas 1, 2, dan 3 |
Payung Dikti |
||
Inovasi Pembelajaran |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Sekolah Dasar Berbasis Sosiokultural di Daerah Istimewa Yogyakarta |
Pasca Sarjana |
||
Pendidikan Karakter |
Pengembangan SSP Tematik SD untuk Menanamkan Karakter Siswa Kelas 1, 2, dan 3 |
Payung Dikti |
||
Kurikulum 2013 |
Kesiapan Guru Sekolah Dasar Melaksanakan Kurikulum 2013 di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta |
Pasca Sarjana |
||
3. |
Dr. Sugito, MA |
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Komptensi Guru PAUD Non Formal |
Dikti |
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Paud Full Day untuk Meningkatkan Layanan dan Kelembagaan Program PAUD ( tahun ke 1) |
Dikti |
||
Analisis evaluasi |
Proses Belajar dan Modal Sosial Korban Bencana Alam di Kabupaten Bantul Yogyakarta |
DIPA UNY |
||
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Paud Full Day untuk Meningkatkan Layanan dan Kelembagaan Program PAUD (lanjutan tahun ke 2) |
Dikti |
||
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Paud Full Day untuk Meningkatkan Layanan dan Kelembagaan Program PAUD (lanjutan tahun ke 3) |
Dikti |
||
Analisis evaluasi |
Pandangan Mahasiswa dan Dosen Tentang Proses Pembimbingan Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta |
DIPA UNY |
||
Pendidikan karakter |
Proses Transformasi Diri Mahasiswa Internasional Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta |
DIPA UNY |
||
4. |
Prof. Dr. Anik Ghufron |
Inovasi Pembelajaran |
Profil Tingkat Keinovasian Dosen dalam Pembelajaran |
DP2M Ditjen Dikti |
Pendidikan Karakter |
Busana Tradisional dalam Manuskrip-manuskrip Jawa |
Dit. Riset dan PPM Kemenristek dikti |
||
Sistem evaluasi |
Analisis Data Anak Usia Sekolah yang Tidak Sekolah di Kabupaten Temanggung |
Bappeda Kab. Temanggung |
||
Inovasi pembelajaran |
Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Budaya Yogyakarta di Sekolah Dasar |
Dit. Riset dan PPM Kemenristek dikti |
||
5. |
Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro |
Karya Ilmiah |
Penulisan Karya Ilmiah |
UNY |
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Penilaian Bahasa dan Sastra |
UNY |
||
6. |
Prof. Dr. Marsigit, MA |
Kurikulum 2013 |
Kurikulum 2013 dan Tantangannya |
UNY |
Pendidikan Karakter |
Karakter Islam dan Kurikulum 2013 |
UNY |
||
Pendidikan Karakter |
Pendidikan Matematika dan Karakter |
UNY |
||
Pembelajaran Matematika |
Apersepsi Belajar Matematika |
UNY |
||
Pembelajaran Matematika |
Lesson study di Indonesia |
UNY |
||
Pembelajaran Matematika |
Isu Internasional Pendidikan Matematika |
UNY |
||
7. |
Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M. Ed |
Media Pembelajaran |
Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Domain Sains Siswa SD dengan Metode Inquiry, Discovery, PBL, dan PJBL |
(Hibah Pascasarjana DIPA UNY) |
Inovasi Pembelajaran |
Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Capaian NOS (Nature Of Science) |
Hibah Pascasarjana DIPA UNY |
||
Manajemen dan Pengelolaan Universitas |
Persepsi dan Transformasi Visi dan Misi pada Sivitas Akademik PPs UNY |
Hibah Pascasarjana DIPA UNY |
||
Manajemen dan Pengelolaan Universitas |
Analisis Dampak Implementasi SMM ISO 9001-2008 di Program Pascasarjana UNY 2014 |
Hibah Pascasarjana DIPA UNY |
||
8. |
Prof. Pardjono, PhD |
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Pembelajaran |
Dipa uny |
Anailisis evaluasi |
Faktor Penghambat Penulisan Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Analisis Faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa PPs UNY |
UNY |
||
Analisis Evaluasi |
Persepsi Mahasiswa terhadap Faktor-faktor Penentu Kepuasan Mutu Layanan Pendidian PPs UNY |
UNY |
||
9. |
Prof. Slamet, PH, Ph.D |
Analisis Evaluasi |
School Self-Evaluation For Quality Improvement in Vocational School |
UNY |
Analisis Evaluasi |
Perhitungan Besaran Biaya Pendidikan Di Kota Yogyakarta |
UNY |
||
Analisis Evaluasi |
Anggaran SMKN-BI/RSBI Di Provinsi DIY |
UNY |
||
Manajemen pendidikan |
Model Kepemimpinan Transformasional Guru Dalam Implementasi Program Sekolah Sehat Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) II Kota Yogyakarta |
UNY |
||
Analisis Evaluasi |
Studi Penelusuran Lulusan Program Studi S2 Manajemen Pendidikan PPs UNY. |
UNY |
||
10. |
Prof. Sukirno, Ph.D |
Manajemen Pendidikan |
Factors influencing job performance in Higher Education Institutions in Indonesia |
Dikti |
Inovasi pembelajaran |
Desain Pembelajaran Etika Bisnis menggunaan Integrity Capacity Model berbasis Karakter bagi Mahasiswa Akuntansi untuk Menurunkan Tingkat Kecurangan (Fraud) dan Manipulasi Informasi Keuangan |
Dikti |
||
Model Pembelajaran |
Pengembangan Model Internalisasi Etika Bisnis Berbasis Integrity Capacity Model sebagai Upaya Pencegahan Creative Accounting dalam Penyajian Informasi Keuangan |
Dikti |
||
Inovasi pembelajaran |
Tracer study prodi Pend. Akuntansi FE UNY |
DIK UNY |
||
Inovasi pembelajaran |
Desain Pembelajaran Etika Bisnis menggunakan Integrity Capacity Model berbasis Karakter bagi Mahasiswa Akuntansi untuk Menurunkan Tingkat Kecurangan (Fraud) dan Manipulasi Informasi Keuangan |
DIKTI Kelompok |
||
Inovasi pembelajaran |
Strategi Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Berbasis The Model of Business Action Learning (Mobal) Sebagai Upaya Penanggulangan Pengangguran Dan Kemiskinan Penduduk Asli Kota Yogyakarta |
DIKTI - Kelompok |
||
Inovasi pembelajaran |
Strategi Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Berbasis The Model Of Business Action Learning (Mobal) Sebagai Upaya Penanggulangan Pengangguran Dan Kemiskinan Penduduk Asli Kota Yogyakarta |
DIKTI Kelompok |
||
Manajemen pendidikan |
Reformasi Peran Kepala Sekolah Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Fungsionalisasi Kinerja Guru Bersertifikat Pada Sekolah Menengah Kejuruan |
DIKTIK Kelompok |
||
Analisis Evaluasi |
Legal Environment And Tunneling Through Abbusive Related Party Transaction: Evidence From Indonesia And Taiwan |
DIKTI Kelompok |
||
Analisis Evaluasi |
Pemetaan kesiapan FE UNY menghadapi era pasar tunggal asean (AEC) 2015 |
FE UNY |
||
Model pembelajaran |
Model Deteksi Tunneling Untuk Meningkatkan Kualitas Corporate Governance |
DIKTI Kelompok |
||
Inovasi pembelajaran |
Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Remaja Sebagai Upaya Membangun Generasi Economic Citizen |
DIKTI Kelompok |
||
Analisis evaluasi |
Gamifikasi akuntansi |
Dikti Kelompok |
||
Analisis evaluasi |
Pemetaan UMKM DIY |
FE UNY Kelompok |
||
Inovasi |
Pengembangan koperasi DIY |
FE UNY Kelompok |
||
Model pembelajaran |
Pengembangan model gamifikasi untuk SMK DIY |
Dikti Kelompok |
||
11. |
Prof. Suyanto, Ph.D |
Analisis evaluasi |
Evidence of Private Wage Returns to Schooling in Indonesia From Labor Force Surveys |
Dikti |
Manajemen Pendidikan |
Efektivitas Jam Belajar Masyarakat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Yogyakarta |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Rekayasa Ujian Nasional dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Peran Serta Kepala Sekolah di Yogyakarta |
UNY |
||
Analisis evalasi |
Pengelolaan Perpustakaan Digital Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta |
UNY |
||
Manajemen pendidikan |
Pembentukan Iklim Sekolah Pada Sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) Dalam Kerangka Learning Community (Studi Iklim Sekolah Pada SMAN Kasihan Bantul) |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Analisa Pemetaan Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Di Kota Cilegon |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Analisis Data Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah Kabupaten Temanggung |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Rate of Returns to Schooling in Indonesia From Labor Force Surveys |
Dikti |
||
Model pembelajaran |
Model Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Web Di SMAN Bantul |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Analisis Tingkat Absensi Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Bantul DIY |
UNY |
||
Analisis evaluasi |
Pemerataan Guru Pendidikan Dasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta |
UNY |
7.1.1.2 Judul disertasi mahasiswa program doktor yang lulus pada tiga tahun terakhir
No. |
Nama Mahasiswa |
Judul Disertasi |
Nama Dosen Pembimbing |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
1 |
Daniel Dike |
Praksis Pendidikan Multikutural di Sekolah Dasar Kabupaten Sintang Kalimantan Barat |
|
7.1.5 Dosen yang melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa program doktor untuk penelitian disertasinya
No. |
Nama Dosen |
Topik Penelitian |
Jumlah Mahasiswa yang Terlibat |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
1 |
Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.1.6 Karya dosen dan atau mahasiswa program studi yang telah memperoleh hak paten/HaKi atau karya yang mendapat pengakuan/penghargaan dari lembaga nasional/internasional.
|
Nama Karya* |
|
No. |
Paten/HaKI |
Karya yang mendapat pengakuan/penghargaan dari Lembaga Nasional/Internasional |
(1) |
(2) |
(3) |
1. |
Hak Cipta: No.C22201700606 |
|
2. |
Hak Cipta: No.C22201700603 |
|
3. |
Hak Cipta: No. C22201500054 |
Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku |
4. |
Hak Cipta: No. C22201500049 |
Media Pembelajaran ”Scrabble Ceria for Elementary School Students Grades 4” |
5. |
Hak Cipta: No. C14201500053 |
|
6. |
Hak Cipta: No. C00201404369 |
Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif pada Tema Pengalamanku Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Kelas 1 SD |
7 |
Hak Cipta: No. C00201704225 |
Petualangan Sains Matematika Di Khatulistiwa Ayo Kenali: Daur Hidup Hewan KPK & FPB |
8 |
Hak Cipta: No. C00201704202 |
Petualangan Sains Matematika Di Khatulistiwa Teka Teki Tuan Plastik |
9 |
Hak Cipta: No. C00201704201 |
Petualangan Sains Matematika Di Khatulistiwa Kisah Nala “Menyelamatkan Liontin Raja” |
GALERI
|
![]() |
![]() |
![]() |
![]() |
|
![]() |
![]() |
![]() |
KONTAK KAMI
PROGRAM PASCASARJANA FIPP UNY
Kampus Karangmalang, Yogyakarta 55281
Telp. +62274-550836 (front office)
Fax. +62274-520326
Website : http://s2dikdas.fipp.uny.ac.id
Email : pps@uny.ac.id, humas_pps@uny.ac.id
Copyright © 2025,