7.1 Penelitian Dosen Tetap yang Bidang Keahliannya Sesuai dengan PS dalam Lima Tahun Terakhir

7.1.1  Agenda dan judul penelitian dosen tetap dan judul disertasi.

7.1.1.1 Agenda dan judul penelitian dosen tetap

No.

Nama Dosen

Agenda Penelitian

Judul Penelitian

Keterlibatan Dengan Jaringan Penelitian*

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

1.

.

Dr. Ali Mustadi, M. Pd.

Analisis Evaluasi

Eksplorasi Faktor-Faktor Efikasi Diri Guru: Studi Komparasi Guru SD Malaysia dan Indonesia

Penelitian Kerjasama Internasional, Pendidikan Dasar UNY-UPSI

Model pembelajaran

Pengembangan Model Intervensi terhadap Gangguan Kesulitan Belajar Siswa SD Menggunakan Pendekatan Disposisi Personal

Penelitian Kerja Sama Antar Perguruan Tinggi

(PEKERTI)

UNY-UAD

Media Pembelajaran

Pengembangan Media Reflective-Picture Storybook Berbasis Nilai-Nilai Karakter untuk Meningkatkan Konsep Diri Sosial Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Hibah Tim Pascasarjana, Dikti 2017

Kurikulum 2013

Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 di SD Se-Daerah Istimewa Yogyakarta

Hibah Penelitian Prodi

DIPA PPs UNY 2016

Inovasi Pembelajaran

Pengembangan SSP Berbasis Collaborative Learning dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Integratif Di Kelas IV SDN Bantul Timur Kabupaten Bantul

Hibah Penelitian FIP UNY 2016

 

Analisis Evaluasi

Migrasi Pelajar dan Mahasiswa Pendatang di Kota Pendidikan

Hibah Penelitian Pusdi

DIPA BLU UNY 2015

Pendidikan Karakter

Pemberian Tugas Rumah dan Aktivitas Belajar Siswa SD Se-Kota Yogyakarta

Hibah Penelitian Prodi

DIPA PPs UNY 2015

Manajemen dan pengelolaan sekolah

Peran Komite Sekolah dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar di Kabupaten Bantul

Hibah Penelitian Evaluasi DIPA FIP UNY 2015

Inovasi Pembelajaran

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Sekolah Dasar

Hibah Penelitian Prodi Dikdas PPs UNY

Model Pebelajaran

Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Scientific-Approach dan Authentic Assessment dalam Pembelajaran Tematik-Integratif di Sekolah Dasar Negeri Giwangan (SD Labschool UNY)

Hibah Penelitian Prodi Dikdas PPs UNY

Media Pembelajaran

Pengembangan Scrabble Ceria Berbasis Multimedia Digital  Sebagai Media Interaktif Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris bagi Siswa Kelas IV SD Labschool UNY

Hibah Penelitian Terapan FIP UNY 2014

 

Kurikulum 2013

Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum 2013 di Daerah Istimewa Yogyakarta

Hibah Penelitian Prodi PPs UNY

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Sociocultural Based Narrative pada Kompetensi Writing Mata Kuliah Bahasa Inggris

Hibah Penelitian Unggulan DIPA UNY

Manajemen dan pengelolaan sekolah

Evaluasi Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Sekolah Dasar di Daerah Istimewa Yogyakarta

Hibah Penelitian Institusional FIP SK Dekan: No.89 Th 2013

Analsis Evaluasi

Implementasi Learning Cycles Model‘Three Muranoi’s Interaction Enhancements’  pada Kompetensi English for Bilingual Instruction pada mata kuliah bahasa Inggris di PGSD

Hibah Penelitian Mandiri FIP

SK Dekan: No. 89 Tahun 2013

2.

Dr. Muhammad Nur Wangid, M. Si.

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Intervensi terhadap Gangguan Kesulitan Belajar Siswa SD Menggunakan Pendekatan Disposisi Personal

Dikti

Media Pembelajaran

Pengembangan Buku Dongeng Sainmatika untuk Meningkatkan Karakter dan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar

Dikti

Sistem evaluasi pendidikan

Teacher’s Self Efficacy: Indonesian and Malaysian Comparation

PPs UNY

Kurikulum 2013

Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 di SD Se-Daerah Istimewa Yogyakarta

PPs UNY

Inovasi Pembelajaran

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis  Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan  Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas IV SD

Dikti

Pendidikan karakter

Pemberian Pekerjaan Rumah dan Aktivitas Belajar Siswa SD Se-Kota Yogyakarta

PPs UNY

Analisis Evaluasi

Analisis Data Anak Usia Sekolah yang Tidak Sekolah  di Kabupaten Temanggung

Bapeda Temanggung

Pendidikan Karakter

Pengembangan SSP Tematik SD untuk Menanamkan Karakter Siswa Kelas 1, 2, dan 3

Payung Dikti

Inovasi Pembelajaran

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif Sekolah Dasar Berbasis Sosiokultural di Daerah Istimewa Yogyakarta

Pasca Sarjana

Pendidikan Karakter

Pengembangan SSP Tematik SD untuk Menanamkan Karakter Siswa Kelas 1, 2, dan 3

Payung Dikti

Kurikulum 2013

Kesiapan Guru Sekolah Dasar Melaksanakan Kurikulum 2013 di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Pasca Sarjana

3.

Dr. Sugito, MA

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Komptensi Guru PAUD Non Formal

Dikti

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Paud Full Day untuk Meningkatkan Layanan dan Kelembagaan Program PAUD ( tahun ke 1)

Dikti

Analisis evaluasi

Proses Belajar dan Modal Sosial Korban Bencana Alam di Kabupaten Bantul Yogyakarta

DIPA UNY

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Paud Full Day untuk Meningkatkan Layanan dan Kelembagaan Program PAUD  (lanjutan tahun ke 2)

Dikti

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Paud Full Day untuk Meningkatkan Layanan dan Kelembagaan Program PAUD  (lanjutan tahun ke 3)

Dikti

Analisis evaluasi

Pandangan Mahasiswa dan Dosen Tentang Proses Pembimbingan Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta

DIPA UNY

Pendidikan karakter

Proses Transformasi Diri Mahasiswa Internasional Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

DIPA UNY

4.

Prof. Dr. Anik Ghufron

Inovasi Pembelajaran

Profil Tingkat Keinovasian Dosen dalam Pembelajaran

DP2M Ditjen Dikti

Pendidikan Karakter

Busana Tradisional dalam Manuskrip-manuskrip Jawa

Dit. Riset dan PPM Kemenristek dikti

Sistem evaluasi

Analisis Data Anak Usia Sekolah yang Tidak Sekolah di Kabupaten Temanggung

Bappeda Kab. Temanggung

Inovasi pembelajaran

Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-nilai Budaya Yogyakarta di Sekolah Dasar

Dit. Riset dan PPM Kemenristek dikti

5.

Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro

Karya Ilmiah

Penulisan Karya Ilmiah
Berbasis Hasil Penelitian

UNY

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Penilaian Bahasa dan Sastra

UNY

6.

Prof. Dr. Marsigit, MA

Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dan Tantangannya

UNY

Pendidikan Karakter

Karakter Islam dan Kurikulum 2013

UNY

Pendidikan Karakter

Pendidikan Matematika dan Karakter

UNY

Pembelajaran Matematika

Apersepsi Belajar Matematika

UNY

Pembelajaran Matematika

Lesson study di Indonesia

UNY

Pembelajaran Matematika

Isu Internasional Pendidikan Matematika

UNY

7.

Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M. Ed

Media Pembelajaran

Buku Cerita Bergambar Berbasis Scientific Approach untuk Meningkatkan Domain Sains Siswa SD dengan Metode Inquiry, Discovery, PBL, dan PJBL

 (Hibah Pascasarjana DIPA UNY)

Inovasi Pembelajaran

Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Capaian NOS (Nature Of Science)

Hibah Pascasarjana DIPA UNY

Manajemen dan Pengelolaan Universitas

Persepsi dan Transformasi Visi dan Misi pada Sivitas Akademik PPs UNY

Hibah Pascasarjana DIPA UNY

Manajemen dan Pengelolaan Universitas

Analisis Dampak Implementasi SMM ISO 9001-2008 di Program Pascasarjana UNY 2014

Hibah Pascasarjana DIPA UNY

8.

Prof. Pardjono, PhD

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Pembelajaran

Dipa uny

Anailisis evaluasi

Faktor Penghambat Penulisan Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pascasarjana

UNY

Analisis evaluasi

Analisis Faktor Penghambat Penyelesaian Tugas Akhir Mahasiswa PPs UNY

UNY

Analisis Evaluasi

Persepsi Mahasiswa terhadap Faktor-faktor Penentu Kepuasan Mutu Layanan Pendidian PPs UNY

UNY

9.

Prof. Slamet, PH, Ph.D

Analisis Evaluasi

School Self-Evaluation For Quality Improvement in Vocational School

UNY

Analisis Evaluasi

Perhitungan Besaran Biaya Pendidikan Di Kota Yogyakarta

UNY

Analisis Evaluasi

Anggaran SMKN-BI/RSBI Di Provinsi DIY

UNY

Manajemen pendidikan

Model Kepemimpinan Transformasional Guru Dalam Implementasi Program Sekolah Sehat Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) II Kota Yogyakarta

UNY

Analisis Evaluasi

Studi Penelusuran Lulusan Program Studi S2 Manajemen Pendidikan PPs UNY.

UNY

10.

Prof. Sukirno, Ph.D

Manajemen Pendidikan

Factors influencing job performance in Higher Education Institutions in Indonesia

Dikti

Inovasi pembelajaran

Desain Pembelajaran Etika Bisnis menggunaan Integrity Capacity Model berbasis Karakter bagi Mahasiswa Akuntansi untuk Menurunkan Tingkat Kecurangan (Fraud) dan Manipulasi Informasi Keuangan

Dikti

Model Pembelajaran

Pengembangan Model Internalisasi Etika Bisnis Berbasis Integrity Capacity Model sebagai Upaya Pencegahan Creative Accounting dalam Penyajian Informasi Keuangan

Dikti

Inovasi pembelajaran

Tracer study prodi Pend. Akuntansi FE UNY

DIK UNY

Inovasi pembelajaran

Desain  Pembelajaran  Etika  Bisnis menggunakan Integrity   Capacity Model berbasis Karakter bagi Mahasiswa Akuntansi untuk Menurunkan Tingkat Kecurangan (Fraud) dan Manipulasi Informasi Keuangan

DIKTI

Kelompok

Inovasi pembelajaran

Strategi  Implementasi  Pendidikan Kewirausahaan  Berbasis  The Model  of Business  Action Learning (Mobal) Sebagai Upaya Penanggulangan  Pengangguran Dan Kemiskinan Penduduk Asli Kota Yogyakarta

DIKTI - Kelompok

Inovasi pembelajaran

Strategi  Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Berbasis  The Model  Of Business  Action Learning (Mobal) Sebagai Upaya Penanggulangan Pengangguran Dan Kemiskinan Penduduk Asli Kota Yogyakarta

DIKTI Kelompok

Manajemen pendidikan

Reformasi  Peran  Kepala Sekolah Sebagai  Upaya  Untuk Meningkatkan Fungsionalisasi Kinerja Guru Bersertifikat Pada Sekolah Menengah Kejuruan

DIKTIK Kelompok

Analisis Evaluasi

Legal Environment And Tunneling Through Abbusive Related Party Transaction: Evidence From Indonesia And Taiwan

DIKTI Kelompok

Analisis Evaluasi

Pemetaan     kesiapan     FE     UNY menghadapi era pasar tunggal asean (AEC) 2015

FE UNY

Model pembelajaran

Model  Deteksi  Tunneling  Untuk Meningkatkan  Kualitas  Corporate Governance

DIKTI Kelompok

Inovasi pembelajaran

Pendidikan Literasi Keuangan Bagi Remaja  Sebagai  Upaya Membangun Generasi Economic Citizen

DIKTI Kelompok

Analisis evaluasi

Gamifikasi akuntansi

Dikti Kelompok

Analisis evaluasi

Pemetaan UMKM DIY

FE UNY Kelompok

Inovasi

Pengembangan koperasi DIY

FE UNY

Kelompok

Model pembelajaran

Pengembangan   model gamifikasi untuk SMK DIY

Dikti Kelompok

11.

Prof. Suyanto, Ph.D

Analisis evaluasi

Evidence of Private Wage Returns to Schooling in Indonesia From Labor Force Surveys

Dikti

Manajemen Pendidikan

Efektivitas Jam Belajar Masyarakat Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Yogyakarta

UNY

Analisis evaluasi

Rekayasa Ujian Nasional dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

UNY

Analisis evaluasi

Peran Serta Kepala Sekolah di Yogyakarta

UNY

Analisis evalasi

Pengelolaan Perpustakaan Digital Di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta

UNY

Manajemen pendidikan

Pembentukan Iklim Sekolah Pada Sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) Dalam Kerangka Learning Community (Studi Iklim Sekolah Pada SMAN Kasihan Bantul)

UNY

Analisis evaluasi

Analisa Pemetaan Dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Di Kota Cilegon

UNY

Analisis evaluasi

Analisis Data Anak Usia Sekolah Tidak Sekolah Kabupaten Temanggung

UNY

Analisis evaluasi

Rate of Returns to Schooling in Indonesia From Labor Force Surveys

Dikti

Model pembelajaran

Model Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Web Di SMAN Bantul

UNY

Analisis evaluasi

Analisis Tingkat Absensi Guru Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Bantul DIY

UNY

Analisis evaluasi

Pemerataan Guru Pendidikan Dasar Di Daerah Istimewa Yogyakarta

UNY

7.1.1.2 Judul disertasi mahasiswa program doktor yang lulus pada tiga tahun terakhir

No.

Nama Mahasiswa

Judul Disertasi

Nama Dosen Pembimbing

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Daniel Dike

Praksis Pendidikan Multikutural di Sekolah Dasar Kabupaten Sintang Kalimantan Barat

  1. Prof. Zamroni, Ph.D.
  2. Dr. Muhammad Nur Wangid, M.Si.

7.1.5  Dosen yang melakukan penelitian dengan melibatkan mahasiswa program doktor untuk penelitian disertasinya

No.

Nama Dosen

Topik Penelitian

Jumlah Mahasiswa yang Terlibat

(1)

(2)

(3)

(4)

1

Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7.1.6  Karya dosen dan atau mahasiswa program studi yang telah memperoleh hak paten/HaKi atau karya yang mendapat pengakuan/penghargaan dari lembaga  nasional/internasional.

 

Nama Karya*

No.

Paten/HaKI

Karya yang mendapat pengakuan/penghargaan dari Lembaga Nasional/Internasional

(1)

(2)

(3)

1.

Hak Cipta:

No.C22201700606

Media Kalender Cerita Berbasis Karakter Peduli Lingkungan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Kelas II Sekolah Dasar

2.

Hak Cipta:

No.C22201700603

Pengembangan SSP Collaborative Learning dan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Berfikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV SDN Bantul Timur

3.

Hak Cipta:

No. C22201500054

Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Sosiokultural Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku

4.

Hak Cipta:

No. C22201500049

Media Pembelajaran ”Scrabble Ceria for Elementary School Students Grades 4”

5.

Hak Cipta:

No. C14201500053

Buku ”Tematik Integratif Kurikulum 2013 Berbasis Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Lingkunganku Bersih dan Sehat Buku Guru SD Kelas 1 Semester 2”

6.

Hak Cipta:

No. C00201404369

Perangkat Pembelajaran Tematik-Integratif pada Tema Pengalamanku Berbasis Sosiokultural bagi Peserta Didik Kelas 1 SD

7

Hak Cipta:

No. C00201704225

Petualangan Sains Matematika Di Khatulistiwa Ayo Kenali: Daur Hidup Hewan KPK & FPB

8

Hak Cipta:

No. C00201704202

Petualangan Sains Matematika Di Khatulistiwa Teka Teki Tuan Plastik

9

Hak Cipta:

No. C00201704201

Petualangan Sains Matematika Di Khatulistiwa Kisah Nala “Menyelamatkan Liontin Raja”