PANDUAN MATA KULIAH PRAKTIK PEMBELAJARAN DI SD (Guru Kelas)

Kegiatan praktik pembelajaran mempunyai manfaat bagi mahasiswa Pendidikan Dasar, yaitu: (1) melatih kepekaan terhadap current issues, kebutuhan, dan juga permasalahan riil yang terjadi di SD/MI setelah melakukan riset dan praktik pembelajaran; (2) mendapatkan pengalaman ke-SD-an sesuai profesi yang akan digelutinya sehingga memperkuat kompetensi profesional, pedagogis, sosial, dan kepribadian; (3) mahasiswa dapat melakukan refleksi atas kompetensinya dalam praktik pembelajaran; (4) mahasiswa mengenal lebih jauh tentang profil guru SD/MI sehingga dapat bersikap dan berperilaku sebagai sosok guru SD/MI yang kompeten dan profesional.

Dengan demikian pada saatnya nanti mahasiswa akan menjadi guru SD/MI yang profesional. Panduan praktik pembelajaran di SD ini dimaksudkan sebagai acuan bagi mahasiswa, dosen pengampu mata kuliah praktik pembelajaran di SD, guru pamong, kepala sekolah SD/MI dalam keselurahan aktivitas riset dan praktik. Dengan panduan ini diharapkan dapat mendukung kelancaran dan kualitas riset dan praktik, sehingga dapat terarah dan memberikan sumbangan yang berarti dalam mewujudkan calon guru SD/MI yang kompeten dan profesional.

Semoga panduan ini dapat mendukung keberhasilan pelaksanaan mata kuliah praktik pembelajaran SD, Prodi Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Yogyakarta. Penyempurnaan panduan ini senantiasa terus dilakukan, sehingga saya mengharap masukan dan saran yang konstruktif.