Sosialisasi Pelaksanaan Riset dan Praktik Pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Dasar

Program Studi S2 Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta memiliki mata kuliah Riset dan Praktik Pembelajaran PGSD. Sebelum penyerahan mahasiswa ke universitas mitra, dilaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Panduan Pelaksanaan Riset dan Praktik Pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Dasar. Pelaksanaan Workshop Penyusunan Panduan Pelaksanaan Riset dan Praktik Pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Dasar diikuti oleh beberapa ketua prodi perguruan tinggi mitra dan dosen pengampu mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

Kegiatan Workshop Penyusunan Panduan Pelaksanaan Riset dan Praktik Pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Dasar dilaksanakan hari Jumat, 10 Februari 2023 di Ruang Sidang Moh. Amien FIPP UNY.  Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi proses dan teknis kegiatan praktikum mahasiswa S2 pendidikan Dasar FIPP UNY, menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi dan program studi mitra, serta memanfaatkan sumber daya bersama antara Prodi S2 Pendidikan Dasar FIPP UNY dengan perguruan tinggi mitra. Kegiatan Workshop Penyusunan Panduan Pelaksanaan Riset dan Praktik Pembelajaran Prodi S2 Pendidikan Dasar berlangsung secara luring maupun daring melalui room zoom yang disediakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

Susunan acara pada kegiatan workshop ini meliputi pembukaan, sambutan, pemaparan materi, dan penutup. Sambutan pada kegiatan ini disampaikan oleh Ketua Prodi S2 Pendidikan Dasar FIPP UNY, Dr. Sekar Purbarini Kawuryan, M.Pd dan sekaligus pembukaan acara dilaksanakan oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY, Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd. Sedangkan pemaparan materi disampaikan oleh narasumber yaitu Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd dan Dr. Supartinah, M.Pd. Sosialisasi yang dipandu oleh moderator Dr. Ferry Muhammad Firdaus.

Sambutan yang disampaikan Dr. Sekar Purbarini Kawuryan, M.Pd., yaitu penyampaian tujuan dari kegiatan workshop, penyampaian jumlah data mahasiswa yang akan melakukan riset dan praktik pembelajaran PGSD di universitas mitra kota yogja dan universitas mitra di luar kota yogja serta luar jawa. Jumlah mahasiswa menurut data prodi tahun 2023 terdapat 78 mahasiswa S2 Dikdas yang menempati lokasi praktik di 5 universitas mitra di kota yogja. Kemudian terdapat 20 mahasiswa di PGSD FIPP UNY, 5 mahasiswa di 4 universitas luar kota dan luar jawa. Dengan adanya jumlah mahasiswa yang cukup banyak, oleh karena itu diperlukan koordinasi yang baik antara dosen pamong dari universitas mitra dengan dosen pengampu mata kuliah riset dan praktik di FIPP UNY, dan dosen pengampu mata kuliah selain riset dan praktik mahasiswa di semester 2. Sehingga pelaksanaan perkuliahan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Selanjutnya, pembukaan acara yang dilakukan oleh Prof. Dr. Sujarwo, M.Pd selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau menyampaikan bahwa mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD ini mampu membantu mahasiswa dalam penyusunan artikel dan tugas akhir tesis. Sehingga pengalaman riset dapat dilaksanakan di dalam kelas maupun di lapangan. Selanjutnya juga disampaikan kerja sama dengan perguruan tinggi di kota yogja maupun luar kota hingga luar negeri.

Pemaparan materi yang pertama diisi oleh Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabbar, M.Pd selaku wakil dekan akademik, kemahasiswaan, dan alumni. Beliau menyampaikan beberapa poin penting mengenai Orientasi program studi dan rencana kegiatan Kerjasama. Terkait dengan praktik pembelajaran yang akan dilakukan oleh mahasiswa di kampus mitra memberikan manfaat pada perkembangan riset di lingkup pendidikan. Setelah adanya pandemi covid 19 pembelajaran yang berlangsung mengalami tantangan pada beberapa aspek. Tantangan pendidikan yang dipaparkan meliputi teknologi dan digitalisasi, diversitas dan inklusi, kurikulum dan standar, stress dan burnout, keterbatasan sumber daya, dan perubahan lingkungan belajar. Tantangan pendidikan yang setiap tahunnya berubah-ubah akan berbeda di cara penanganannya.

Meskipun dihadapkan dengan banyak tantangan, dengan adanya kerjasama antar komponen pendidikan dengan pendidikan tinggi maka semua bisa diatasi. Dengan kondisi kualitas pembelajaran yang tertinggal dan dengan upaya-upaya yang terus menerus dilakukan masih perlu ditingkatkan kembali. Karena ketika kita berlari orang lain juga tidak diam, mereka juga berlari untuk ke arah yang lebih baik. Praktik pembelajaran yang perlu ditingkatkan dengan tujuan supaya kualitas pendidikan juga ikut meningkat. Hasil belajar ditentukan oleh proses yang terjadi. Oleh karena itu pada prodi S2 pendidikan dasar terdapat mata kuliah riset dan praktik pembelajaran SD. Hubungan riset dengan praktik mengajar saling berhubungan erat. Praktik dikembangkan dengan riset, lalu riset akan kembali ke praktik. Ada beberapa model peningkatan praktik pembelajaran yaitu ADDIE, model Backward Design, model Universal Design for Learning (UDL), model Experiential Learning, model Inquiry-Based Learning, dan terakhir model dari Dikdas UNY yaitu plan-do-se-REDESAIN.

Pemaparan materi selanjutnya disampaikan oleh Dr. Supartinah, M.Pd selaku dosen pengampu riset dan praktik pembelajaran PGSD. Beliau menyampaikan teknik dan prosedur pelaksanaan riset dan praktik pembelajaran PGSD mahasiswa S2 Dikdas FIPP UNY. Terdapat beberapa tujuan dari mata kuliah riset dan praktik pembelajaran PGSD yang meliputi 1) membekali mahasiswa dalam pengalaman nyata dalam mengobservasi dan menganalisis learner’s diversity mahasiswa dan permasalahan sebagai dasar dalam menentukan riset dan praktik pembelajaran, 2) membekali mahasiswa dengan pengalaman riil mengobservasi, telaah kurikulum dan perangkat pembelajaran, media dan model metode pembelajaran, 3) membekali mahasiswa dengan pengalaman nyata mengobservasi dan menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran, 4) memantapkan kompetensi professional, pedagogis, sosial, dan kepribadian, 5) mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa dalam mengatasi permasalahan yang muncul pada saat pembelajaran melalui riset yang inovatif, serta 6) melatih kemampuan menulis karya ilmiah. Adapun manfaat dari mata kuliah ini yakni menjadikan mahasiswa lebih peka terhadap kebutuhan dan current issues yang menjadi kebutuhan di PGSD, mendapat pengalaman nyata tentang PGSD dan pembelajaran, melakukan refleksi berdasarkan hasil praktik pembelajaran sebagai dasar mengembangkan diri dan melakukan inovasi, dan melatih serta mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis.

Disampaikan juga prinsip penyelenggaran yang disahkan oleh tim dekanat FIPP UNY, sehingga dapat dijadikan penyamaan persepsi bersama. Mata kuliah ini memiliki bobot 3 sks dengan kriteria lulus minimal B. Mahasiswa yang belum lulus harus menambah jumlah praktik atau mengulang mata kuliah di periode berikutnya. Praktik dilaksanakan secara terstruktur atas bimbingan dosen mata kuliah dan dosen pamong. Kemudian praktik dilaksanakan melalui kerjasama yang kuat antar PGSD/PGMI mitra. Sehingga besar harapan kami, partisipasi dan bimbingan mahasiswa. Kegiatan dilaksanakana sejak diterjunkan di awal semester secara kolektif sampai dengan penarikan mahasiswa di akhir semester. Karena mulainya berbeda, maka dari itu penarikan mahasiswa menyesuaikan dengan jadwal kampu mitra. Praktik pembelajaran menggunakan lesson study, riset inovatif menggunakan metode penelitian sesuai dengan permasalahan yang ditemukan.

Mekanisme Jumlah riset dan praktik minimal 3 kali pertemuan praktik terbimbing, 2 kali praktik mandiri, 1 kali ujian. Sehingga mahasiswa akan praktik mengajar perkuliahan, dengan jumlah 3 kali terbimbing. Artinya terbimbing masih ada kolaborasi dengan dosen pengampu mata kuliah di kampus mitra. Jadi, jumlah sks menyesuaikan mata kuliah yang digunakan untuk praktik. Jika terdapat kelas paralel, mahasiswa diberikan satu kelas agar bisa fokus untuk risetnya di satu kelas. Pelaksanaan riset dikoordinasikan oleh dosen pengampu mata kuliah dan dosen pamong sewaktu praktik. Mahasiswa juga dapat diajak berdiskusi untuk RPS yang dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas. Sehingga dengan adanyan praktik ini, mahasiswa yang mengajar di pembelajaran dapat menemukan permasalahan untuk dapat diangkat menjadi sebuah riset yang inovatif.